Sri_Lanka_Tsunami-4-2Bangkok, LiputanIslam.com — Sejumlah negara yang terkena bencana tsunami tahun 2004 mengadakan peringatan 10 tahun peristiwa itu, Jumat (26/12).

Sebagaimana dilansir BBC News, Jumat (26/12), di Thailand, orang-orang melakukan hening cipta dan upacara ritual di sejumlah kuil. Sementara itu di Sri Lanka peringatan bencana tsunami dipusatkan pada rangkaian kereta api Ocean Queen Express yang menjadi simbol dari bencana tsunami ini.

Kala tsunami menerjang, satu rangkaian kereta api Ocean Queen Express sarat penumpang yang tengah melaju di jalur di pinggir pantai, mengalami hantaman telak tsunami sehingga menewaskan sekitar 1.700 orang penumpangnya. Peristiwa itu tercatat sebagai kecelakaan kereta api terbesar sepanjang sejarah.

Di sebuah desa kecil Ban Nam Khem, Provinsi Phang Nga, Thailand, orang-orang menaruh karangan-karangan bunga di sebuah tugu peringatan yang di dindingnya tertulis nama-nama korban bencana. Desa itu menjadi tempat yang mengalami kehancuran paling hebat di Thailand dimana sekitar 5.500 orang tewas, termasuk sejumlah turis asing yang tengah berlibur.

Gempa bumi hebat yang terjadi di dasar Samudra Hindia di lepas pantai Aceh tanggal 26 Desember 2004 menciptakan tsunami hebat yang melanda sejumlah negara di Asia hingga Afrika. Selain Indonesia, Thailand dan Sri Lanka, negara-negara yang mengalami dampak bencana itu adalah Bangladesh, Myanmar, Malaysia, Maldives, Kenya, Somalia dan Tanzania.

Diperkirakan lebih dari 200.000 orang tewas akibat bencana itu dengan jumlah korban terbesar terjadi di Provinsi Aceh, Indonesia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL