184498_527166807302370_1384190321_n.jpgNew York, LiputanIslam.com — Koran terkenal AS The New York Times (NYT) tengah menghadapi banyak kecaman setelah menyebut Michael Brown, remaja yang tewas oleh tembakan polisi di Ferguson, St. Louis tanggal 9 Agustus lalu, sebagai “bukan malaikat”.

Dalam artikel yang dipublis hari Minggu (25/8), atau sehari sebelum pemakaman Brown, NYT menyebut Brown sebagai “bukan malaikat”. Hal inilah yang membuat NYT mendapatkan banyak kecaman.

“Michael Brown, 18, yang akan dikuburkan hari Senin (26/8), bukanlah seorang malaikat, dengan berbagai catatan publik dan wawancara dengan beberapa teman dan anggota keluarganya membuka baik masalah-masalah yang dihadapinya maupun cita-cita kehidupan masa mudanya,” tulis wartawan NYT John Eligon.

Meski secara umum, tulisan itu memberikan simpati kepada Brown dan keluarganya, sebutan “bukan malaikat” telah memicu sejumlah kritikan terhadap NYT.

John Eligon sendiri adalah warga kulit hitam sebagaimana Brown.

“Jadi, jika seorang petugas polisi yang menyamar datang kepada saya dan 2 teman saya yang tengah merokok dan minum bir di taman malam hari, petugas itu bisa menembak kami sampai mati, dan kemudian NYT melaporkan bahwa kami bukan malaikat?” tulis Matthew Yglesias untuk Vox News.

Beberapa pembela Brown menganggap aktifitas Brown yang negatif adalah bagian normal sebagai remaja, dan bukanlah bentuk kharakternya yang buruk.

Setelah tulisan “bukan malaikat” itu menuai kecaman, editor New York Times Alison Mitchell mengatakan kepada Washington Post:

“Menurut saya, sebenarnya, kami memiliki cerita yang bernuansa tentang anak muda itu, dan jika yang menjadi korban adalah remaja kulit putih, maka kami akan menuliskannya dengan cara yang sama.”

Namun setelah hashtag “#noangel” mendapatkan 3.000 “mention” dalam waktu kurang dari sehari, editor senior New York Times public Margaret Sullivan pun turun tangan.

“Dalam pandangan saya, waktu dari artikel itu (menjelang pemakaman Brown) tidaklah tepat. Dan “no angel” adalah sebuah kesalahan,” tulisnya, hari Senin sore.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL