pigeon-blood-rubyGenewa, LiputanIslam.com — Sebutir ruby ‘pigeon blood’ berhasil memecahkan rekor penjualan perhiasan di sebuah acara lelang di Genewa, Swiss, Selasa kemarin (12/5). Demikian laporan situs Business Insider hari ini (13/5).

Ruby “pigeon blood”, sejenis batu mulia berwarna merah yang sangat langka, seberat 25,59 karat itu terjual dalam acara lelang yang digelar rumah lelang Sotheby dan tercatat menjadi rekor dunia penjualan perhiasan dengan harga mencapai $30,33 juta atau sekitar Rp 500 miliar.

Sementara itu dalam acara lelang yang sama sebutir berlian langka berwarna pink yang pernah dimiliki oleh keponakan Napoleon Bobaparte, berhasil terjual dengan harga $15,9 miliar, Sotheby mengumumkan.

Ruby pemecah rekor dunia itu dinamai “Sunrise Ruby”, berasal dari Myanmar, sebelumnya hanya diharapkan akan terjual antara $12 juta dan $18 juta.

Selain memecahkan rekor penjualan sebutir ruby, “Sunrise Ruby” juga memecahkana rekor semua penjualan di rumah lelang
Sotheby.

“”The Sunrise Ruby” terjual lebih dari $30 juta, yaitu, $30.33 juta, yang menurut saya adalah tiga kali dari rekor sebelumnya, yaitu “Graff Ruby”,” kata David Bennett, pejabat Sotheby, merujuk pada penjualan ruby pada bulan November 2014 lalu.

Menurut Bennet ruby ‘pigeon-blood’ merupakan jenis batu mulia yang sangat langka. “Maksud saya, selama 40 tahun saya hanya pernah sekali melihat warna dan ukuran seperti ini, jadi ini jenis yang sangat langka,” katanya.

Batu mulia lainnya yang juga sangat langka, yaitu
berlian warga pink cerah seberat 8,72 karat terjual dengan harga $15,9 juta dalam acara lelang bertajuk ‘Magnificent Jewels and Nobel Jewels Auction’ itu.

Berlian bernama “The Historic Pink” itu dipercaya pernah dimiliki oleh Putri Mathilde, keponakan dari Napoleon Bonaparte, demikian klaim Gemological Institute of America. Sebelumnya berlian ini dimiliki oleh warga AS Huguette Clark, yang meninggal tahun 2007.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL