pesawat presidenJakarta, LiputanIslam.com — Pesawat Kepresidenan RI secara resmi akan diperkenalkan ke publik pada hari Kamis (10/4). Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi pun mengundang sejumlah media massa untuk menghadiri acara penyambutan kedatangan pesawat buatan Amerika Serikat itu.

Berdasarkan undangan yang diterima media, acara penyambutan pesawat berjenis Boeing 737-800 Bussines Jet 2 Green tersebut dilangsungkan pukul 10.00 WIB, di Base Ops Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sudi mengatakan, sebelum dioperasikan, pesawat itu akan menjalani sertifikasi di Kementerian Pertahanan. “Begitu nanti sertifikasinya keluar, sudah bisa dioperasionalkan,” kata Sudi, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/4).

Menurut Sudi, operasional pesawat berharga sekitar $91,2 juta setara Rp820 miliar ini diserahkan ke TNI Angkatan Udara. Sudi mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bisa segera menggunakan pesawat setelah sertifikasi keluar. “Mungkin paling lama satu minggu.”

Adapun pesawat ini mengalami keterlambatan dari jadwal kedatangan, yang semula diagendakan Maret lalu. Menurut Sudi, salah satu penyebab keterlambatan dari pabrik Boeing, di Seattle, Amerika Serikat, adalah masalah cuaca dan uji coba di sana.

“Itu kami kenakan denda sebagai kewajiban mereka,” kata Sudi. Berapa jumlah denda yang dibebankan kepada Boeing? Sudi enggan menjelaskan.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL