bos total2Moskow, LiputanIslam.com — CEO perusahaan energi Perancis Total, Cristophe de Margerie, ternyata membuat pernyataan kontroversial sebelum tewas dalam kecelakaan pesawat di Moskow, Senin (20/10). De Margerie mengecam sanksi ekonomi yang diterapkan negara-negara barat, termasuk Perancis, terhadap Rusia karena kaitan konflik Ukraina.

“Secara umum, kami menentang sanksi. Saya telah mengatakannya berulangkali. Anda telah mendengarnya. Dan itu membuat saya tidak populer di negara saya sendiri (Perancis),” kata de Margerie kepada Badan Pengawas Investasi Asing (FIAC) di Moskow, Senin (20/10), sebagaimana dilaporkan RIA Novosti.

De Margerie, selain CEO di Total, juga menjadi Ketua Bersama Dewan Kerjasama Perancis-Rusia, bersama dengan Gennady Timchenko.

“Rusia memiliki banyak teman dan partner di barat. Kami tidak bisa menganggap Rusia bisa diisolasi dari proses ekonomi dan politik global. Saya sangat percaya bahwa kebijakan keterbukaan, yang telah membantu kita bersama mengatasi masalah-masalah besar di masa lalu, harus dilanjutkan,” tambah de Margerie.

Menurutnya sanksi yang diberikan barat kepada Rusia adalah “tidak fair dan tidak produktif” dan merugikan dunia bisnis. Menurutnya, bisnis yang seharusnya menjadi saluran bagi dialog dan saling pengertian kini telah “disandera oleh politik”.

Lebih jauh De Margerie mengecam langkah sanksi tersebut sebagai “kegagalan diplomasi” barat, yang mengedepankan sanksi daripada dialog.

De Margerie meninggal dalam kecelakaan pesawat pribadi di Bandara Vnukovo-3, Moskow, Senin (20/10) petang. Pesawatnya menabrak mesin pengering salju saat hendak tinggal landas. Bersamanya, 3 orang awak pesawat juga tewas.

Penyelidikan awal menemukan bahwa operator mesin pengering salju berada dalam pengaruh alkohol saat bekerja, dan diduga hal itu menjadi penyebab utama kecelakaan.

Total adalah perusahaan migas terbesar ketiga di Eropa dan perusahaan terbesar kedua di Perancis. Total adalah salah satu investor penting di Rusia.(ca)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL