bring back the girlAbuja, LiputanIslam.com — Sebagian dari lebih 200 pelajar putri yang ditawan kelompok Boko Haram sejak April lalu, telah dibebaskan. Demikian beberapa laporan menyebutkan.

Seperti dilaporkan RIA Novosti, Selasa (23/9), kabar pembebasan itu disampaikan oleh jubir militer Nigeria Brigjen Chris Olukolade. Namun ia tidak menyebutkan berapa banyak pelajar yang dibebaskan.

Pembebasan para tawanan itu merupakan bagian dari kesepakatan antara militer Nigeria dan Boko Haram untuk saling tukar-menukar tawanan, yang menurut Olukolade masih tengah berlangsung.

Para pelajar putri yang dibebaskan itu kini berada di barak-barak militer.

Pada bulan April lalu Boko Haram menyerang sebuah sekolah menengah putri di kota Chibok, Provinsi Borno. Setelah membunuh para penjaga, Boko Haram menawan lebih dari 200 pelajar putri di sekolah tersebut.

Menurut laporan-laporan media setempat, pemerintah telah menggelar perundingan rahasia dengan Boko Haram tentang pembebasan para tawanan dari kedua pihak. Pada bulan Agustus lalu tentara Chad berhasil membebaskan 85 pelajar putri yang ditawan itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL