kedubes saudi di swediaStockholm, LiputanIslam.com — Kementrian Luar Negeri Swedia membenarkan kabar tentang penarikan Dubes Saudi Arabia di negara itu, di tengah-tengah memburuknya hubungan kedua negara.

Jubir Kemenlu Swedia Erik Boman mengumumkan, Rabu (11/3), bahwa Saudi Arabia telah menarik duta besarnya di Stockholm, sebagai protes atas sikap kritis Swedia atas kondisi HAM di negara Arab itu. Demikian seperti dilansir Press TV.

Namun Boman menegaskan bahw kedua negara masih tetap menjaga hubungan diplomatik.

“Hubungan diplomatik tidak putus, namun Dubes Saudi Arabia telah ditarik,” kata Boman kepada pers.

Menurut Boman, Saudi telah memberitahukan alasan penarikan tersebut, yaitu sebagai bentuk protes atas kritikan Swedia terhadap kondisi demokrasi dan HAM di Saudi Arabia. Ia juga mengatakan bahwa Swedia tidak akan membalas langkah Saudi tersebut dengan menarik dubesnya di Riyadh.

Pengumuman tersebut hanya kurang dari sehari setelah pemerintah Swedia mengumumkan rencana pembatalan kontrak penjualan senjata dengan Saudi. Perdana Menteri Swedia Stefan Löfven pada hari Selasa (10/3), mengatakan bahwa penjualan senjata yang memicu kontroversi itu akan dihentikan.

Namun Löfven membantah pembatalan itu terkait dengan insiden pembatalan pidato Menlu Swedia Margot Wallström di pertemuan Liga Arab hari Senin (9/3), akibat diprotes oleh Saudi Arabia. Wallstrom diundang oleh Sekjen Liga Arab untuk berpidato sebagai penghargaan atas langkah Swedia mengakui kedaulatan Palestina, namun protes Saudi Arabia membuat pidato itu dibatalkan.

Wallström sendiri mengatakan pembatalan itu karena protes dari Saudi Arabia atas kritikan-kritikannya terhadap Saudi Arabia. Ia juga mengecam pencelakan dirinya itu sebagai tindakan memalukan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*