gambar marsNew Delhi, LiputanIslam.com — Mangalyaan, Satelit milik India yang berhasil mengorbit Planet Mars, hari Rabu (24/9), meneruskan kesuksesannya dengan mengirim gambar pertama Planet Mars ke bumi.

“Gambar-gambarnya bagus di sini,” kicau ISRO, badan ruang angkasa India dalam akun resmi twitter-nya sebagaimana dilaporkan BBC News, Kamis (25/9).

Sejumlah gambar berkualitas tinggi berhasil dikirimkan oleh Mangalyaan sejauh ini.

Tugas utama Mangalyaan adalah mengamati atmosfir Mars untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di planet itu.

Selain memegang rekor misi penerbangan ke Mars termurah, yaitu hanya $74 juta, satelit Mangalyaan juga memegang rekor sebagai satelit yang langsung berhasil diorbitkan di Planet Mars pada usaha pertamanya.

Pada bulan Juni lalu Perdana Menteri Narendra Modi secara bercanda mengatakan bahwa program satelit Mars India akan menelan biaya yang lebih murah dari biaya pembuatan film Hollywood, “Gravity”.

Media-media India menyebut keberhasilan itu sebagai “capaian bersejarah”. Sedangkan Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan, India berhasil meraih sesuatu yang nyaris mustahil.

Media India The Hindu melaporkan, Mangalyaan berhasil mengirim sekitar 10 gambar yang menurut keterangan para pejabat “berkualitas baik”. Dari foto-foto tersebut tampak Planet Mars memiliki banyak kubah.

Mangalyaan adalah satelit robot berbobot 1.350 kg, sebelumnya harus menjalani misi penerbangan sejauh 200 juta kilometer yang ditempuh dalam waktu 10 bulan. Satelit ini dilengkapi dengan 5 instrumen, termasuk “thermal imaging spectrometer” untuk memetakan permukaan planet dan potensi mineralnya, serta sebuah sensor untuk melacak keberadaan gas methana yang menjadi salah satu indikator penting kehidupan.

India menjadi negara ke-empat yang berhasil mengirim misi satelit ke Mars setelah AS, Rusia dan Uni Eropa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL