trump palinWashington DC, LiputanIslam.com — Mantan kandidat Wapres AS Sarah Palin dan putri aktor legendaris John Wayne mendukung pengusaha miliarder Donald Trump menjadi presiden AS.

Pernyataan Palin yang disampaikan Selasa waktu setempat (19/1) itu terjadi beberapa pekan sebelum Partai Republik resmi memilih calon presidennya yang diumumkan di Iowa.

“Saya bangga mendukung Donald J. Trump menjadi Presiden Amerika Serikat,” kata Palin, mantan gubernur Alaska, dalam pernyataan tertulis yang disebarkan tim kampanye Trump, seperti dikutip AFP.

Sudah bisa dipastikan Palin akan tampil mendampingi Trump dalam kampanye Selasa di Ames, Iowa.

Dukungan Palin kepada Trump ini menjadi pukulan tersendiri kepada Senator Ted Cruz yang justru dari kubu konservatif, dan bertarung ketat dengan Trump di Iowa dengan menduduki urutan kedua secara nasional.

Trump menyatakan “sangat tersanjung menerima dukungan Sarah. Dia seorang sahabat dan orang berkualitas tinggi yang saya sangat hormati. Saya bangga mendapatkan dukungannya.”

Cruz sendiri mencuitkan apresiasinya kepada Palin, Selasa waktu setempat.

“Tanpa dukungan dia, saya tidak akan sampai di Senat,” tulis dia. “Terlepas apa yang dia lalukan pada 2016, saya akan selalu menjadi penggemar setianya.”

Sementara itu, setelah mendapat dukungan Palin, Donald Trump juga memperoleh dukungan dari anak perempuan mendiang aktor laga legendaris Amerika, John Wayne.

Perempuan itu bahkan mengatakan ayahnya yang legendaris itu pasti akan berdiri di sisi Trump jika masih hidup.

Aissa Wayne, yang berdiri di samping Trump, berkata kepada sekumpulan orang di John Wayne Birthplace Museum di Iowa bahwa Amerika Serikat membutuhkan seorang pemimpin yang kuat seperti ayahnya –aktor legendaris yang sering memerankan koboy jagoan termasuk pada film “Stagecoach” dan “True Grit” — untuk menjadi panglima tertinggi.

“Kita butuh orang seperti Pak Trump dengan kualitas kepemimpinannya, orang yang berani,” katanya seperti dilansir Antara.

“Dan saya akan bilang, ‘Andaikan John Wayne masih hidup, dialah yang pasti berdiri di sini, bukannya saya.”

Trump yang mengaku penggemar berat John Wayne berkata, “Saya kira mendapatkan dukungan dari John Wayne dan Keluarga John Wayne sangat berarti banyak karena ini mengartikan kekuatan yang tidak Anda lihat.”

Ethan Wayne, anak mendiang John Wayne, yang menjadi presiden John Wayne Enterprises berkata, “John Wayne Enterprises dan Yayasan Kanker John Wayne ingin menyatakan bahwa pernyataan Aissa Wayne tidak mewakili baik kedua organisasi ini maupun keluarga Wayne.”

“Tidak ada seorang pun yang berhak berbicara atas nama John Wayne dan pun tidak atas nama keluarga atau yayasan dalam mendukung kandidat atas namanya.”

Wayne, yang meninggal dunia pada 1979 dalam usia 72, dianggap sebagai salah satu aktor paling penting pada abad Ke-20, dengan membawa semangat petualangan koboy Amerika.

Nama aslinya adalah Marion Robert Morrison. Dia memang memiliki pandangan politik yang konservatif dan pendukung berat mantan presiden Richard Nixon, demikian AFP.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL