Bijan

Iran’s Oil Minister Bijan Namdar Zanganeh (Press TV)

Moskow, LiputanIslam.com — Iran dan Rusia telah menetapkan kesepakatan mereka yaitu  meningkatkan kerjasama dalam bidang  ekonomi dan perdagangan, seperti yang disampaikan Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh.

“Nota kesepakatan untuk pengembangan kerjasama Tehran – Moskow akan selesai awal tahun depan [kalender Iran yang tahun barunya dimulai pada tanggal 21 Maret],” ujar Zanganeh, saat melakukan kunjungan kenegaraan ke ibukota Rusia, Moskow pada hari  Jumat (14/3).

Dia menambahkan bahwa Republik Islam Iran bertekad untuk meningkatkan volume “transaksi ekonomi” dengan Rusia dalam kesepakatan jangka panjang. Perdagangan Iran- Rusia saat ini totalnya sekitar 5 miliar USD per tahun, namun ekonom mengatakan bahwa Iran- Rusia setidaknya bisa menaikkan hingga empat kali lipat volume pertukaran perdagangan mereka.

“Pemerintah Republik Islam Iran secara serius bertekad untuk memperluas kerjasama dengan Rusia di sektor teknis dan teknologi untuk pengadaan bilateral barang dan jasa,” kata Zanganeh.

Pada bulan Februari, Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan Moskow sedang dalam pembicaraan dengan Iran untuk meningkatkan kerjasama energi dengan tujuan untuk meningkatkan pertukaran perdagangan. Novak mengatakan Iran dan Rusia sedang mencari “skema keuangan” untuk memfasilitasi pasokan metalurgi, mesin untuk bangunan dan peralatan energi  oleh perusahaan Rusia ke Iran.

Produsen minyak terbesar kedua Rusia Lukoil telah menyuarakan keinginannya untuk kembali ke Iran untuk mengembangkan kerjasama di sektor minyak sebagai  reaksi atas sanksi internasional terhadap Iran yang mulai dicabut.

Sementara itu, Russia’s Rosatom State Nuclear Energy Corporation (perisahaan pengembangan nuklir Rusia) menyatakan harapan untuk segera menggolkan kesepakatan untuk pembangunan unit yang kedua dari pembangkit listrik bertenaga nuklir di Bushehr, Iran. (LiputanIslam.com/presstv/af)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL