LiputanIslam.com – Cawapres no urut 02, Sandiaga Uno, menyarankan agar Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Diaudit. Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN), Ace Hasan Syadzily, menyetujui saran tersebut asalkan proses audit dilakukan saat penghitungan suara dan entry data sudah tuntas seluruh nasional.

“Audit setuju dan menjadi bagian dari evaluasi sistem pemilu serentak. Tetapi selesaikan dulu penghitungan Situng KPU sampai tuntas,” ucap Ace pada Senin (6/5).

Ace pun beralasan bahwa masyarakat masih membutuhkan Situng untuk mengetahui informasi rekapitulasi terkini. Dan akses Situng tidak boleh diputus sampai benar benar selesai semuanya.

“Selesaikan dulu Situngnya, baru setelah itu diaudit. Masyarakat masih memiliki hak untuk mendapatkan informasi tentang hasil pemilu,” lanjutnya.

Menurutnya, kesalahan entry di Situng memang harus dievaluasi agar tidak terulang kembali di pemilu selanjutnya.

Menurut Sandiaga pun audit harus dilakukan untuk memastikan pemilu yang jujur, adil, dan berkualitas, karena yang mendapatkan dampak dari kesalahan entry di Situng tidak dari satu kubu saja, melainkan kedua kubu paslon. (Ay/Kompas/Detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*