satanic-temple.siWashington DC, LiputanIslam.com — Gereja Kuil Setan (Satanic Temple Church), sebuah sekte aliran sesat yang diakui di AS, diijinkan mendirikan diorama “Malaikat Jatuh” dan kini berniat mendirikan patung Bamophet (setan berkepala binatang bertanduk).

Seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (6/12), diorama “Malaikan Jatuh” akan ditampilkan di Miami, Florida. Sedangkan patung Bamophet akan didirikan di Oklahoma di sebelah patung “10 Commandments”, 10 perintah Tuhan yang diturunkan kepada Nabi Musa.

“Malaikat Jatuh” di dalam keyakinan agama-agama samawi adalah iblis yang dikutuk Tuhan dan diusir dari Surga karena telah menggoda Adam dan Hawa.

Kalimat “Selamat Natal dari Gereja Kuil Setan” terpampang di atas diorama “Malaikat Jatuh” yang akan ditampilkan pada tanggal 22 Desember mendatang. Bersamanya juga akan ditampilkan banner bertuliskan: “Selamat Musim Dingin Solstice” dari kelompok “Freedom From Religion Foundation” serta diorama yang dibuat oleh Gereja Monster Spaghetti Terbang. Semua “display” itu telah disetujui oleh gubernur Florida.

“Kami berharap bahwa musim liburan ini semua orang bisa merayakan ibadahnya berdasar keyakinan yang berbeda-beda dan menghomati bahwa perayaan semangat hedonisme yang bertanggungjawab tersedia bagi semua orang,” kata Lucien Greaves, jubir Gereja Kuil Setan kepada CBS Miami.

Tahun lalu pemerintah Florida menolak proposl pertunjukan serupa yang diajukan oleh Gereja Kuil Setan New York dengan alasan: “menyinggung banyak orang pada masa musim liburan (Natal)”.

Gereja Kuil Setan terus mengajukan tuntutan adanya persamaan hak dengan gereja-gereja lain dengan dukungan oleh “Americans United for the Separation of Church and State” yang mengancam siapapun yang menolak pertujukan itu dengan alasan melanggar kebebasan berekspresi.

“Tahun ini kami berhasil karena membawa pengacara,” tulis Greaves dalam e-mail yang dikirim ke CBS.

Kelompok ini baru-baru ini membuat berita ketika mengusulkan untuk membangun patung Baphomet di depan gedung parlemen Oklahoma tepat di samping patung “10 Commandments”. Mereka berdalih pada kebebasan beragama yang dilindungi konstitusi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL