ban ki moonNew York, LiputanIslam.com — Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon, hari Senin kemarin menyerukan kepada semua pihak yang berperang untuk meletakkan senjata dan melaksanakan gencatan senjata global, “menghentikan pembunuhan dan perusakan”, dan menciptakan ruang untuk damai abadi pada Hari Perdamaian Internasional.

Ki Moon menyampaikan seruan tersebut dalam upacara Lonceng Perdamaian, yang meluncurkan serangkaian kegiatan di Markas PBB di New York untuk Hari Perdamaian Internasional. Hari yang diperingati tiap tahun pada 21 September itu tahun ini mengambil tema “Kemitraan bagi Perdamaian, Martabat untuk Semua”.

Dalam upacara itu Presiden Sidang Ke-70 Sidang Majelis Umum PBB Mogens Lykketoft membunyikan Bel Perdamaian untuk memperingati Hari Perdamaian Internasional.

“Seyakin pukulan Lonceng ini membuat suara, kita akan terus memukulkan poin ini dan menuntut perdamaian,” kata Ban.

“Dalam waktu beberapa hari saja, para pemimpin dari seluruh dunia akan berkumpul di PBB untuk mengesahkan Agenda 2030, rencana 15-tahun kita untuk mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan,” katanya.

“Ini adalah dasar untuk mewujudkan hidup bermartabat bagi semua, tempat kemiskinan adalah sejarah dan perdamaian yang terpenting,” katanya lagi seperti dilansir Antara.

Hadir bersama Ban dalam upacara Bel Perdamaian itu Utusan PBB untuk Perdamaian Antropolog Jane Goodall, aktor Michael Douglas, Duta Besar Muhibah PBB dan musikus jazz Herbie Hancock, serta pemain celo Yo Yo Ma.

Hari Perdamaian Internasional ditetapkan tahun 1981 oleh Sidang Majelis Umum PBB berbarengan dengan pembukaan sidang, yang diselenggarakan setiap tahun pada Selasa ketiga September.

Hari Perdamaian pertama diperingati pada September 1982. Dan pada 2001, Sidang Majelis Umum menetapkan 21 September sebagai hari peringatan tahunan hari tanpa kekerasan dan gencatan senjata.

“Pada Hari Internasional, saat kita memperingati Ulang Tahun Ke-70 PBB, mari kita raih peluang pencapaian tujuan berdirinya Organisasi ini: untuk menyelamatkan generasi pewaris dari momok perang,” kata Sekretaris Jenderal PBB seperti dilaporkan kantor berita Xinhua.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL