salib sarajevoSarajevo, LiputanIslam.com — Sebuah salib raksasa yang dibangun di atas bukit di dekat kota Sarajevo telah memancing kemarahan warga.

Salib tersebut dibangun di bukit Zlatiste, sebuah area di Gunung Trebovic yang dahulu digunakan oleh pasukan Serbia untuk membom kota Sarajevo dalam Perang Bosnia tahun 1990-an. Demikian laporan Press TV, Kamis (25/9).

Salib tersebut dibangun untuk menghormati 6.500 warga Serbia yang tewas dalam pertempuran. Namun hal itu dipandang sinis oleh warga Sarajevo yang menganggap orang-orang Serbia sebagai agressor dan pembunuh. Warga Sarajevo yang mayoritas muslim, mengatakan, salib tersebut mengingatkan kembali masa-masa penuh penderitaan warga Sarajevo yang menjadi korban kekejaman pasukan Serbia.

Menurut pendiri salib tersebut, asosiasi Bosnian Serb Prison Camp Detainees, salib yang dibangun akhir pekan lalu itu hanyalah bangunan sementara sebelum terkumpul dana yang cukup untuk menjadikannya monumen permanen. Salib setinggi 26 meter itu dibangun untuk menghormati warga Serbia yang tewas di sekitar Sarajevo dalam Perang Bosnia.

Sebagian warga Sarajevo meyakini pembangunan salib tersebut bermotif politik menjelang pemilihan bulan Oktober mendatang. Namun sebagian lainnya menilai, salib tersebut sebagai cara paling buruk untuk mempermalukan warga kota yang menjadi korban agresi warga Serbia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL