obama sakitWashington DC, LiputanIslam.com — Presiden AS Barack Obama menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (6/12) setelah mengeluhkan sakit di bagian tenggorokannya. Dokter kenegaraan mengatakan Obama menderita karena acid reflux, yaitu suatu kondisi di mana cairan asam lambung yang naik ke tenggorokan sehingga menyebabkan mulas.

“Gejala yang dialami oleh presiden konsisten dengan peradangan jaringan lunak yang terkait dengan asam lambung yang akan diobati secara maksimal,” ujar Kapten Ronny Jackson, dokter pribadi Obama dalam pernyataannya seperti dilansir detik.com dengan mengutip Reuters, Minggu (7/12).

Obama mengunjungi Rumah Sakit militer Walter Reed untuk melakukan pemeriksaan karena tenggorokannya yang terasa sakit. Hal tersebut dilakukan karena sakit tenggorokan yang diderita Obama telah terjadi selama beberapa minggu.

“Setelah diperiksa, dokter memutuskan untuk melakukan CT scan saat itu juga. Hal ini dilakukan untuk membuat Presiden terasa nyaman dengan penyakitnya,” kata Jackson.

Menurut Jackson, banyak hal yang menyebabkan penyakit ini. Beberapa seperti merokok, penggunakan alkohol dan hernia. Menurut penelitian National Library of Medicine, AS, kebanyakan penyakit ini terjadi akibat perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan.

Obama telah melakukan pemeriksaan fisik tahunan pada bulan Juni ini dan telah diberi surat keterangan sehat oleh Jackson, setelah memperhatikan gaya makan, latihan, dan pola hidup sehat. Presiden Obama adalah mantan perokok.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL