karnaval semarangSemarang, LiputanIslam.com — Semarang Night Carnival 2014 dengan mengusung tema alam akan ditampilkan pada Sabtu 3 Mei 2014. Parade ini akan memperagakan eksotisme busana dan tari. Kegiatan yang dilakukan sepanjang Jalan Pemuda-Pandanaran hingga kawasan Simpang Lima Kota Semarang, itu menampilkan empat unsur (devile), sesuai dengan tema yang ditampilkan, yakni “Ligh Of Mirracle”.

“Empat unsur itu meliputi sparkling of earth, the power of fire, beauty of water dan glow of sky,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiyana safitri, di Semarang, Rabu (30/4).

Menurut Masdiyana, acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB itu mewakili unsur tanah, api, air dan udara yang dikaitkan dengan dunia langit.

“Peserta menampilkan sesuai divele atau kelompok yang mewakili unsur yang disebutkan tadi,” kata Masdiyana menambahkan.

Peserta Semarang Night Carnival 2014 tercatat mencapai mencapai 600 orang, yang terdiri dari siswa sekolah menengah pertama hingga mahasiswa. Masdiyana menegaskan acara itu dijamin lebih meriah dari kegiatan yang pernah dilaksanakan tahun sebelumnya.

Masdiyana menjamin hasil karnaval itu tak sekadar jalan tapi juga penampilan di atas panggung yang diselingi dengan tarian. “Sangat unik, tarian itu tak mudah karena peserta menggenakan pakaian besar,” katanya.

Kepala Seksi Pagelaran Kesenian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Taufan Yuristian Dalimarta menyatakan, gerak koreografi yang ditampilkan diseusaikan dengan baju yang dikenakan pesarta. Acara yang hendak ditampilkan itu dibantu sejumlah hotel yang ada di Kota Semarang. Tercatat 18 hotel turut berpartispasi membawa tamu-tamunya untuk menonton.

“Masing-masing hotel mengirimkan 100 tamunya untuk menonton,” kata Taufan menambahkan.

Selama ini Indonesia telah dikenal di mancanegara dengan karnaval sejenis, yaitu “Jember Fashion Carnival”. Oleh banyak kalangan di dunia pariwisata, karnaval Jember ini dianggap setara dengan karnaval-karnaval dunia yang lebih dahulu dikenal publik dunia seperti Karnaval Mardi Grass di AS dan Karnaval Rio di Brazil.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*