bakrie_aburizal

Aburizal Bakrie

Jakarta, LiputanIslam.com–Harga saham emiten batubara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) milik grup Bakrie merosot hingga level terendah selama 11 tahun terakhir. Pada Kamis pagi (13/11), harga saham BUMI adalah Rp98. Bursa Efek Indonesia (BEI) pun menilai saham perusahaan tambang Grup Bakrie itu bergerak tak wajar.

Menurut Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Irvan Susandy, telah terjadi penurunan harga dan peningkatan aktivitas transaksi saham BUMI yang di luar kebiasaan dibanding periode-periode sebelumnya,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/11/2014) seperti dilansir detikfinance.

Jatuhnya harga saham BUMI menyusul ambruknya beberapa saham lain di Bakrie Group. Seperti dilaporkan bareksa.com, saham Bakrieland Development Tbk (ELTY) yang bergerak di bidang properti tidak mengalami perubahan harga di level Rp50 selama setahun belakangan, setelah mulai jatuh di tahun 2012.

Saham operator telekomunikasi PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) juga membeku di harga Rp50 per saham. Demikian pula saham Grup Bakrie di bidang perkebunan kelapa sawit, PT Bakrie Plantation Tbk (UNSP) yang tak beringsut dari harga Rp50 per saham sejak Agustus 2013 lalu. Padahal, pada 14 Januari 2008 sempat mencapai level tertingginya di level Rp2.825 per saham.

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) yang bergerak di bidang investasi terus merunduk di harga Rp50 per saham. Harga BNBR sudah mulai mendekati nilai terendah semenjak tahun 2010 dan mulai stagnan pada 2012.

Yang masih terbilang lumayan adalah saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) yang bergerak dibidang produksi minyak dan gas. Sempat menyentuh harga tertinggi hingga Rp1.510 pada 7 Januari 2008, ENRG mulai diperdagangkan pada harga Rp240 per saham di bulan April 2014. ENRG saat ini diperdagangkan di harga Rp105.

Hanya saham-saham yang bergerak di bidang media, yang saat ini masih aktif diperdagangkan dan mengalami kenaikan, yakni: PT Visi Media Asia Tbk (VIVA, pemilik tvOne dan Portal VIVA.co.id) dan saham PT Intermedia Capital Tbk (MDIA, pemilik ANTV). (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL