jokowi-jkJakarta, LiputanIslam.com–Pada pukul 10.20 WIB Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla membacakan sumpah presiden dan wakil presiden. Dengan demikian, keduanya resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

“Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-luasnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” demikian isi sumpah Presiden Jokowi.

Usai Jokowi membacakan sumpahnya, Jusuf Kalla pun melakukan pembacaan sumpah.  Selanjutnya Presiden, Wapres, dan Pimpinan MPR menandatangani Berita Acara Pelantikan.

Kemudian, SBY mempersilahkan Jokowi untuk duduk di kursi yang semula didudukinya. Demikian pula, Budiono mempersilahkan JK untuk duduk di kursinya. Pertukaran kursi ini merupakan penyerahan kekuasaan secara simbolik.  Jokowi dan SBY pun saling berpelukan dan mencium pipi masing-masing, disambut tepukan meriah dan panjang dari hadirin

Pemandangan ini dipuji oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, “Indah, luar biasa, alhamdulllah, kita telah menyaksikan upacara pengucapan sumpah Presiden dan Wapres hasil pemilu 2014. Dengan telah diucapkannya sumpah tersebut mulai saat ini Saudara Ir. H. Joko Widodo  dan H. Jusuf Kalla adalah Presiden dan Wapres Republik Indonesia untuk masa jabatan 2014-2019.”

Zulkfili lalu meminta hadirin untuk bertempuk tangan dan semua hadirin pun melakukan standing applaus. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL