Foto: twitter

Foto: twitter

Baiji, LiputanIslam.com — Militan Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil menguasai penuh kilang minyak utama Irak yang terletak di Baiji, sebelah selatan Mosul, demikian laporan Russia Today  (RT) hari ini, 24 Juni 2014.

Menurut RT, baik CIA dan M16 telah mengetahui lebih dahulu mengetahui tentang serangan ISIS, namun mereka memilih untuk bersikap “tuli”, sehingga serangan ISIS ini tidak bisa digagalkan. ISIS menyerang kilang yang biasa memasok sepertiga dari hasil minyak Irak.

Militan ini berencana untuk memindah-tangankan kepada suku-suku lokal untuk mengelola kilang minyak, demikian BBC mengutip dari juru bicara pemberontak, dan diungkapkan bahwa militan akan melanjutkan petualangan mereka menuju Baghdad.

Senada dengan BBC, Al-Arabiya juga melaporkan bahwa kilang minyak telah dikuasai oleh kelompok militan. Sementara itu, tiga pejabat Irak juga mengkonfirmasi kepada CNN bahwa militan ini telah menguasai kilang minyak di Baiji.

Kilang minyak ini memerankan kunci penting sebagai kilang minyak negara yang mengolah minyak mentah yang menghasilkan petrolium untuk konsumsi domestik, termasuk untuk pembangkit listrik, dan karenanya, jatuhnya Baiji menimbulkan kekhawatiran.

Pada hari Senin, militan ISIS mengambil kontrol kota di bagian utara Tal Afar dan menguasai bandara. Tal Afar pertama kali diserang pada tanggal 18 Juni 2014, setelah militan berhasil menguasai salah satu kota terbesar Irak yaitu Mosul, dan juga menguasai kota Tikrit, tempat kelahiran Saddam Hussain.

Serangan ofensif oleh militan ISIS kini mendominasi total Irak. Dan pada tanggal 22 Juni, militan ini berhasil mengontrol tiga kota berikutnya dan menguasai dua garis perbatasan,yaitu garis perbatasan dengan Yordania dan garis perbatasan dengan Suriah.

Irak  kini menjadi medan jihad bagi kelompok militan ISIS yang didanai oleh Arab Saudi, dan didukung oleh Amerika Serikat, Turki dan Israel. Akibatnya, jutaan penduduknya mengungsi dengan kondisi memprihatinkan. (ba)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL