kapal selam siluman ruriaMoskow, LiputanIslam.com — Rusia akan segera melakukan ujicoba terhadap kapal selam paling modern yang dijuluki sebagai “lubang hitam” oleh para ahli NATO karena kemampuannya untuk menghindari berbagai alat pendeteksi.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita Russia Today, Senin (12/1), sebelum menjalani ujicoba secara resmi, kapal selam bertenaga diesel “Rostov on Don” ini sudah harus menyelam sejauh 4.630 km dari Laut Baltik menuju Laut Barents.

“Awak kapal selam ‘Rostov on Don’ yang telah diserahkan oleh galangan pembuat ‘Admiralty Shipyards’, tengah memulai persiapan untuk membawa kapal selam itu dari Laut Baltik menuju Laut Barents Sea,” kata Kapten Igor Dygalo, jubir Kemenhan Rusia.

Selanjutnya kapal selam itu harus menjalani sejumlah tes sebelum ditempatkan di pangkalannya di Pelabuhan Novorossiysk, Laut Hitam. Ini adalah kepala sejenis kedua dari 6 kapal selam yang akan ditempatkan memperkuat Armada Laut Hitam yang berbasis di Krimea.

Dikenal dengan kode “Kapal Selam Kelas Kilo Modern” ( Improved Kilo) oleh NATO, Rostov on Don adalah kapal selama model pertama generasi ketiga kapal selam kelas Varshavyanka (Project 636). Mesin disel yang menjadi sumber energi kapal selam ini dianggap sebagai mesin yang paling lembut getarannya sehingga sulit dideteksi oleh perlengkapal sonar. Selain memiliki daya jelajah tinggi, kapal ini juga efektif bermanuver di perairan dangkal karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Kapal selam ini dilengkapi dengan torpedo-torpedo kaliber 533 mm dan 8 rudal anti udara dan sejumlah rudal jelajah. Dengan bobot 4.000 ton dan daya selam hingga 300 meter, kapal selam ini mampu berjalan dengan kecepatan 40 knot. Kapal ini juga mampu beroperasi secara independen selama 45 hari.

NATO juga menjuluki kapal selam ini sebagai “lubang hitam” karena kemampuan “siluman”nya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*