buron rusiaKiev, LiputanIslam.com — Rusia menetapkan 2 pejabat tinggi Ukraina dalam daftar buronan internasional atas tuduhan kejahatan perang.

Sebagaimana laporan Press TV, Minggu (22/6), Komisi Penyelidikan Rusia menetapkan Mendagri Ukraina Arsen Avakov dan Gubernur Provinsi Dnipropetrovsk Igor Kolomoisky, dalam daftar buronan internasional karena kejahatan perang.

Jubir komisi Vladimir Markin, mengatakan hari Sabtu (21/6), bahwa status buronan atas kedua pejabat tinggi Ukraina itu berlaku di seluruh wilayah negara-negara anggota Interpol.

Avakov dan Kolomoisky dicari karena peran mereka dalam “kasus kejahatan yang berkaitan dengan penggunaan tindakan-tindakan dan metode-metode yang dilarang dalam peperangan, pelanggaran atas aktifitas profesional jurnalisme dan penculikan,” kata Markin.

Markin tidak menampik kemungkinan daftar pejabat Ukraina yang ditetapkan dalam daftar pencarian, akan bertambah.

“Para penyidikn tengah mengambil angkah-langkah untuk menetapkan semua personil di antara para komandan dan prajurit angkatan bersenjata Ukraina, Garda Nasional dan para militan Right Sector yang terlibat dalam operasi “penghukuman” terhadap warga sipil di Ukraina tenggara, yang telah menewaskan banyak warga sipil,” tambah Markin.

Markin menambahkan dengan menyebutkan bahwa lebih dari 40 penyidik telah meminta keterangan dari orang-orang yang datang dari Ukriana, yang menderita karena operasi militer yang dilakukan Ukraina di Ukraina timur dan tenggara.

Menurut Markin, para penyidik meminta keterangan dari lebih dari 2.400 saksi mata dan lebih dari 1.000 warga Ukraina yang mengungsi ke Rusia.

Pada tanggal 20 Juni Presiden Ukraina Petro Poroshenko memerintahkan penghentian operasi militer selama seminggu. Namun Rusia justru melihat operasi militer Ukraina semakin meningkat.

Menurut laporan PBB, setidaknya 356 orang, 257 di antaranya warga sipil, tewas dalam konflik bersenjata di Ukraina timur sejak tanggal 7 Mei.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL