tupolev backfireSevastopol, LiputanIslam.com — Rusia dikabarkan tengah menempatkan satu skuadron pesawat pembom strategis supersonik Tu-22M3 di wilayah Krimea yang bergabung kembali dengan Rusia setelah terjadinya revolusi berdarah di Ukraina tahun lalu.

Jika kondisi mendesak, Rusia bahkan akan memperkuatnya dengan satu resimen pembom strategis. Demikian seperti dilaporkan Newsweek tanggal 22 Juli lalu mengutip laporan kantor berita Rusia Interfax.

Langkah tersebut merupakan respon atas tindakan NATO yang terus meningkatkan kekuatannya di dekat perbatasan Rusia. Sebelumnya Polandia dan Rumania setuju untuk menampung rudal-rudal Amerika di wilayah mereka sebagai bagian dari sistem pertahanan NATO untuk menangkal potensi serangan.

Bulan lalu seorang pejabat Dewan Keamanan Rusia telah mengingatkan kepada kedua negara bahwa keduanya bisa menjadi target serangan Rusia jika meneruskan rencana tersebut. Rusia juga mengancam akan menambah kekuatan militernya di perbatasan barat jika Amerika dan NATO terus menambah kekuatan di Polandia dan negara-negara Baltik.

“Kekuatan ini akan memungkinkan terjadinya penambahan kekuatan yang besar bagi pertahanan udara di sekitar Laut Hitam dan kawasan sekitar,” kata pejabat keamanan Rusia kepada Interfax.

“Ini adalah salah satu langkah pilihan yang dilakukan sebagai respon atas penempatan rudal-rudal Amerika di wilayah Rumania,” tambahnya.

Satu skuadron terdiri dari 10 hingga 24 pesawat. Namun jika dianggap perlu, kekuatan itu akan ditingkatkan menjadi resimen yang terdiri dari beberapa skuadron.

Sejak berakhirnya Perang Dingin, pesawat pembom Tu-22M3 yang mampu menembakkan rudal-rudal nuklir dan oleh Barat dijuluki ‘Backfire’ itu ditarik dari Krimea. Namun, pada bulan Maret lalu sejumlah pesawat ini melakukan latihan militer.

Saat ini Rusia mengoperasikan 40 pesawat sejenis. Dengan daya jangkaunya yang besar serta kemampuannya membawa rudal-rudal nuklir membuat Tu-22M3 menjadi salah satu senjata strategis Rusia yang paling penting, selain kapal-kapal selam dan rudal-rudal ballistik.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL