kapal mistralMoskow, LiputanIslam.com — Rusia mengklaim sebagai pemilik sah kapal pengangkut helikopter kelas ‘Mistral’ yang dibuat Perancis. Karenanya Perancis tidak berhak menjualnya tanpa seijin Rusia.

Kantor berita Russia Today melaporkan, Minggu (10/5), Deputi Perdana Menteri Dmitry Rogozin mengklaim bahwa Rusia adalah pemilik sertifikat pemakai bagian buritan kapal tersebut, yang dibuat di galangan kapal di St Petersburg sebelum dikirimkan ke Perancis.

“Tanpa ijin kami mereka (Perancis) tidak bisa menjual apapun,” kata Rogozin kepada media Rusia seraya menegaskan bahwa pihaknya telah menjelaskan masalah itu kepada pihak Perancis.

Menurut Rozogin, Perancis juga tidak bisa menggunakan kapal tersebut untuk armada Perancis karena kapal tersebut dirancang sesuai dengan spefisikasi Rusia, sehingga untuk menyesuaikan dengan spesifikari Perancis membutuhkan biaya besar lagi.

“Segalanya berjalan baik, jangan khawatir,” katanya kepada para wartawan, menjelaskan bahwa segalanya ‘masih di bawah kendali Rusia”.

Perancis menolak mengirimkan kapal pengangkut helikopter pesanan Rusia, Vladivostok yang seharusnya dikirim bulan November tahun lalu karena terkait dengan konflik Ukraina timur. AS dan NATO mendesak Perancis untuk membatalkan pengiriman tersebut karena tuduhan keterlibatan Rusia dalam konflik Ukraina.

Sumber-sumber terpercaya menyebutkan Perancis kemungkinan akan menjualnya ke pihak ketiga, membesi-tuakan atau bahkan menenggelamkannya ke dasar laut.

Kapal kedua, Sevastopol, yang seharusnya dikirimkan ke Rusia tahun ini hampir pasti mengalami nasib yang sama.

Kedua kapal tersebut dibeli Rusia dengan harga €1,12 miliar dalam kontrak yang ditandatangani tahun 2011.

Bulan April lalu Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan bahwa Rusia akan mendapatkan kembali uang muka pembelian yang telah dibayarkan. Media-media Perancis menyebut Perancis akan membayar kompensasi sebesar €1.100 juta kepada Perancis, €300 juta di antaranya adalah denda atas kegagalan Perancis memenuhi kontrak.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL