rudal bulavaMowkow, LiputanIslam.com — Rusia berhasil melakukan ujicoba peluncuran rudal balistrik strategis “Bulava” dari kapal selam bertenaga nuklir kelas Borey Yuri Dolgoruky (K-535). Kantor berita Rusia RIA Novosti melaporkan, Kamis (30/10).

Yuri Dolgoruky (K-535) menembakkan rudal-rudal Bulava dari bawah permukaan air dan semuanya tepat mengenai sasaran di Semenanjung Kamchatka di tenggara Rusia. Demikian pernyataan kementrian pertahanan Rusia sebagaimana dikutip RIA.

“Aksi penembakan rudal-rudal yang dipimpin oleh komandan kapal Kapten Vladimir Shirina bersama para awak kapal selam Yuri Dolgoruky dinilai sebagai sangat profesional dan kompeten,” demikian pernyataan tersebut menyebutkan.

Ini adalah ujicoba pertama kalinya, dimana kapal selam membawa penuh rudal-rudal Bulava dan menembakkannya.

Dengan daya jangkau hingga 10.000 kilometer, Bulava dapat membawa 10 hululedak nuklir yang masing-masing dapat dikendalikan sendiri-sendiri dan berkekuatan antara 100–150 kiloton. Dengan kecepatan hipersonik, rudal ini juga sulit ditangkal oleh semua sistem pertahanan udara yang ada di dunia.

Digabungkan dengan kapal selam kelas Borey, Bulava menjadi senjata yang paling ditakuti AS dan sekutu-sekutunya. Disebut-sebut sebagai kapal selam paling canggih di dunia, kapal selam kelas Borey yang digerakkan oleh raktor nuklir mini di dalamnya, mampu menyelam pada kedalaman dan jarak yang sangat jauh tanpa diketahui oleh musuh.

Diluncurkan pertama kali pada bulan Februari 2008, kapal selam kelas Borey Yuri Dolgoruky (K-535) resmi bergabung dengan AL Rusia pada tahun 2013.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL