baikonurMoskow, LiputanIslam.com — Berbanding terbalik dengan roket Antares di Virginia, AS yang meledak saat diluncurkan, Rusia berhasil meluncurkan pesawat angkut ruang angkasa tanpa awak M-25M dengan roket Soyuz-2.1a.

(Tentang peluncuran roket Antares silakan dilihat di sini)

Kedua peluncuran dari 2 negara yang bersaing dalam program luar angkasa itu membawa misi yang sama, yaitu mengangkut perbekalan dan perlengkapan bagi awak luar angkasa yang berada di stasiun ruang angkasa internasional ISS.

Peluncuran M-25M dengan roket Soyuz-2 berlangsung di pusat ruang angkasa Baikonur, Rabu (29/10). Demikian laporan RIA Novosti.

Setelah lepas dari roket peluncur Soyuz-2, M-25M terbang dengan roketnya sendiri dan merapat ke ISS.

“Progress M-25M akan merapat pada International Space Station (ISS) pukul 4:09 sore waktu Moskow pada segmen khusus untuk Rusian di ISS,” kata jubir pusat ruang angkasa Rusia.

Progress M-25M membawa bahan bakar, udara, oksigen, makanan dan perlengkapan yang diperlukan untuk penelitian di stasiun ruang angkasa, termasuk barang-barang kebutuhan bagi awak ruang angkasa yang berada di stasiun ruang angkasa itu.

Setelah menunaikan tugasnya, Progress M-25M akan kembali ke atmosfir bumi dan meledak di udara.

Saat ini di dalam ISS terdapat 6 awak ruang angkasa berasal dari AS dan Rusia. ISS adalah stasiun ruang angkasa milik internasional dengan partisipan utamanya adalah AS, Rusia dan Uni Eropa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL