mentri ekonomi rusiaUlyukayev, LiputanIslam.com — Menteri pembangunan ekonomi Rusia menyerukan kepada negara-negara ASEAN untuk meningkatkan ekspor mereka ke Rusia dalam pertemuan yang digelar di Naypyidaw, Myanmar. Demikian laporan RIA Novosti, Kamis (28/8).

“Saya ingin menarik perhatian Anda sekalian atas kesempatan yang hadir di hadapan negara-negara ASEAN dalam hal ekspor produk-produk pertanian, yaitu buah-buahan dan sayur mayur. Kami sudah mengenal tingginya standar produksi pertanian dari negara-negara Anda dan kami akan menyambut baik ekspor produk-produk makanan ke Rusia, seperti seafood, kacang-kacangan, daging sapi, babi, ayam, sebagai tambahan bagi buah-buahan dan sayur mayur,” kata  Ulyukayev kepada mitranya dari negara-negara ASEAN.

Ulyukayev berada di Myanmar bersama menteri ekonomi negara-negara ASEAN dalam pertemuan Komosi Internasional Rusia-Myanmar untuk kerjasama ekonomi dan perdagangan. Ulyukayev menekankan meningkatnya hubungan ekonomi antara Rusia dengan ASEAN.

Tahun lalu perdagangan antara Rusia-ASEAN mencapai angka $17,5 miliar, dan tahun ini angka tersebut telah terlampaui. Diharapkan nilai perdagangan tahun ini akan meningkat 6% dari angka tahun lalau.

Ulyukayev juga menekankan pada peningkatan investasi Rusia di negara-negara ASEAN, dengan rencana investasi ke Vietnam yang mencapai $20 miliar dan ke Indonesia yang akan mencapai $7 miliar.

Dalam pertemuan di Myanmar itu, hadir juga 60 eksekutif perusahaan-perusahaan Rusia yang berminat untuk menanamkan investasinya di ASEAN.

Selain hubungan ekonomi, Rusia dan ASEAN juga terus meningkatkan hubungan militer. Tahun ini, misalnya, Rusia berpartisipasi dalam latihan perang laut bersama negara-negara ASEAN.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL