Moskow, LiputanIslam.com– Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Selasa (21/5) kemarin mengkonfirmasikan komitmen mereka untuk bekerjasama secara ekonomi dengan Iran.

Mereka juga menekankan pentingnya mempertahakan perjanjian nuklir Iran. Demikian laporan dari Kremlin dalam sebuah pernyataan.

“Selama diskusi tentang situasi seputar Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) atas program nuklir Iran, [mereka menekankan] pentingnya melestarikan perjanjian ini yang merupakan faktor kunci dalam menjaga stabilitas dan keamanan internasional. Rusia, Prancis, dan Jerman menegaskan kembali komitmen mereka untuk kerjasama dalam perdagangan dan ekonomi yang saling menguntungkan,” ungkap Kremlin.

Sejak AS menarik diri dari Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada tahun lalu, Washington telah menerapkan kembali sanksi terhadap Iran terutama pada sektor minyak.

Para anggota perjanjian JCPOA yaitu Cina, Prancis, Jerman, Iran, Rusia, Inggris dan Uni Eropa pun telah mengecam langkah sepihak Washington untuk keluar dari JCPOA. Mereka menekankan bahwa pemberlakuan kembali sanksi tersebut tidak hanya mengancam Republik Islam, tetapi juga negara dan perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan Teheran. (ra/sputnik)

 

Baca: Sanksi AS Terhadap Industri Minyak Iran Akan Guncang Stabilitas Pasar Global

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*