pesawat rusiaMoskow, LiputanIslam.com — Rusia memperluas jangkauan patroli udaranya hingga ke Teluk Mexico dekat AS. Demikian pernyataan Menhan Rusia Sergey Shoigu sebagaimana dilaporkan Russia Today, Kamis (13/11).

Menhan Rusia juga menambahkan bahwa latihan militer Rusia mencakup penerbangan sepanjang perbatasan Rusia dan Samudra Arctic.

“Dalam situasi seperti sekarang kita harus meningkatkan kehadiran militer di Atlantik barat dan Pasifik timur, sebagaimana juga Karibia dan Teluk Mexico,” kata Shoigu kepada media Rusia, Rabu (12/11).

Untuk mendukung program itu, Rusia juga meningkatkan daya jangkau pesawat-pesawat militernya, sebagaimana juga program perbaikannya.

Pengumuman ini menyusul pernyataan Kemenhan Rusia akhir Oktober lalu tentang penyelesaian pembangunan jaringan stasiun radar di Arctic (kutub utara) tahun depan.

“Rencananya meliputi pembangunan 13 pangkalan udara, satu landasan ujicoba, 10 stasiun radar dan pusat-pusat kendali,” kata Letjen Mikhail Mizintsev, komandan Pusat Kendali Pertahanan Nasional, kala itu.

Shoigu juga menambahkan bahwa Rusia akan melanjutkan meningkatkan pangkalan-pangkalan militernya di luar negeri.

Rencana Rusia ini hampir bersamaan dengan rencana NATO untuk meningkatkan kekuatan militernya di dekat perbatasan Rusia, termasuk di Laut Hitam dan Laut Baltik.

Dalam 6 tahun terakhir NATO telah menggelar 5 latihan militer di dekat perbatasan Rusia. Demikian pernyataan Direktur Kerjasama Internasional Kemhan Rusia, Sergey Koshelev kepada Russia Today.

Sejak tanggal 9 November lalu hingga tanggal 17 November mendatang, NATO menggelar latihan militer Trident Juncture di Estonia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL