rudal rusiaMoskow, LiputanIslam.com — Kemenhan Rusia mengumumkan rencana penambahan 29 unit senjata strategis baru hingga akhir tahun ini. Demikian RIA Novosti melansir, Senin (1/11).

“Pada tahap akhir tahun 2014 ini, sebagai bagian dari penguatan persenjataan Pasukan Rudal Strategis (RVSN), kami telah merencanakan pengiriman 29 unit senjata modern,” kata Kolonel Igor Egorov, Jubir Kemenhan Rusia.

Menurut Egorov senjata-senjata itu termasuk rudal-rudal balistik antar-benua dan peluncurnya. Ia juga menyebutkan bahwa Pasukan Rudal Strategis Rusia akan menggelar lebih dari 100 latihan tempur tahun depan.

Latihan-latihan itu akan difokuskan pada koordinasi antara resimen-resimen rudal strategis dengan unit-unit pasukan tempur, logistik, keamanan dan inteligen.

Sukses Luncurkan Rudal Balistik Bulava
Sementara itu Rusia juga berhasil melakukan ujicoba kedua peluncuran rudal balistik jarak jauh Bulava dari kapal selam kelas Borey, Sabtu (29/11).

Kapal selam K-550 Aleksandr Nevsky adalah kapal selam kedua yang berhasil meluncurkan rudal Bulava dari geladaknya di Laut Barents. Rudal yang memiliki daya jangkau hingga 11.000 km itu jatuh di wilayah Kamchatka di timur jauh Rusia.

Pada tahun 2013 Aleksandr Nevsky gagal meluncurkan rudal Bulava dalam ujicoba. Kala itu roket kedua rudal Bulava mengalami kegagalan fungsi.

Rudal Bulava adalah senjata nuklir strategis dalam kelasnya. Memiliki daya jangkau luas dan keakurasian tinggi serta kemampuan menembus semua sistem pertahanan udara lawan, rudal ini mampu mengangkut beberapa hulu ledak nuklir sekaligus yang masing-masingnya mencari sasaran masing-masing.

Sedangkan kapal selam kelas Borey juga disebut-sebut sebagai kapal selam bertenaga nuklir terbaik di dunia, terutama dengan bunyi mesinnya yang tidak terdeteksi peralatan sonar lawan, dan kemampuannya mengangkut 16 rudal Bulava sekaligus.

Rudal Bulava dan kapal selam kelas Borey akan menjadi tulang punggung kekuatan militer Rusia hingga tahun 2040 mendatang. Demikian Russia Today menyebutkan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL