kosmonotMoskow, LiputanIslam.com — Rusia akan mulai program kolonisasi bulan tahun 2030 mendatang. Demikian laporan media Rusia Izvestia hari ini (8/5). Dengan program ini Rusia akan menjadikan bulan sebagai pangkalan bagi eksplorasi sistem tata surya yang lebih jauh, termasuk terhadap planet Mars dan planet-planet lainnya.

Program ini dirancang bersama oleh badan antariksa Rusia Roscosmos bersama Russian Academy of Sciences Institute dan Moscow State University.

Laporan ini menguatkan pernyataan Deputi PM Dmitry Rogozin dalam artikel yang dimuat di Rossiiskaya Gazeta tanggal 11 April lalu yang menyebutkan bahwa tujuan strategis Rusia dalam eksporasi ruang angkasa terkait dengan keberadaan yang lebih luas satelit-satelit Rusia pada orbit-orbit rendah bumi, kolonisasi bulan dan meluncurkan program eksplorasi atas planet Mars dan obyek-obyek angkasa lainnya dalam tata surya matahari.

“Perancang program ini tidak mengesampingkan peran investor swasta, dan ekspedisi berawak pertama yang mendarat ke bulan untuk membangun pangkalan permanen akan dilakukan tahun 2030,” tulis Izvestia dalam laporannya.

“Bulan adalah langkah pertama untuk maju ke angkasa yang lebih jauh,” kata pakar ruang angkasa dari Institute of Space Policy,  Ivan Moiseyev, tentang program tersebut.

Namun Ivan skeptis eksplorasi mineral dari bulan atau Mars dapat memberikan keuntungan.(ca/voice of russia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL