russian-submarine-rostov-on-don-44656914St. Petersburg, LiputanIslam.com — Rusia meluncurkan kapal selam tercanggih di dunia yang dijuluki “lubang hitam”, untuk memperkuat Armada Laut Hitam. Ini adala kapal selam sejenis kedua yang ditempatkan untuk Armada Laut Hitam dari rencana 6 kapal selam pada tahun 2016 mendatang.

Peluncuran kapal selam “lubang hitam” itu dilakukan di Admiralty Shipyards, St. Petersburg, Kamis (26/6) waktu setempat. Demikian laporan Russia Today hari ini.

Masuk dalam kelompok Varshavyanka-class, kapal selam ini mendapat julukan “lubang hitam” oleh para ahli militer NATO karena nyaris tidak mengeluarkan bunyi sehingga sulit dideteksi oleh peralatan sonar lawan. Kelebihan lain kapal ini adalah kemampuan manuvernya yang tidak bisa ditandingi kapal-kapal selam lain.

Kapal selam kedua ini diberi nama “Rostov on Don”, sebuah nama kota di selatan Rusia. Pembangunan  kapal ini telah dimulai sejak 21 November 2011.

Namun tidak seperti kapal-kapal perang Armada Laut Hitama lain yang sebagian besar ditempatkan di pangkalan Sevastopol, Krimea, “Rostov on Don” ditempatkan di Novorossiysk, Krimae.

Dilangkapi dengan 18 torpedo dan 8 rudal anti pesawat Club, kapal selam ini dirancang untuk menyerang kapal-kapal dan kapal selam lawan di perairan dangkal. Namun kapal selam ini juga bisal melakukan operasi militer jarak jauh dan bisa menyerang sasaran di permukaan laut, bawah laut dan darat.

Saat ini ada 2 kapal sejenis yang tengah dalam pembuatan, ‘Stary Oskol’ yang telah dibangun pada bulan Agustus 2012 dan ‘Krasnodar’ yang mulai dibangun Februari lalu.

Pada hari Jumat (27/6), galangan Admiralty Shipyard juga meluncurkan kapal penyapu ranjau canggih ‘Aleksandr Obukhov’ (Project ‘Aleksandrit’). Kapal yang sebagian besar materialnya terbuat dari bahan monolithic fiberglass ini dirancang untuk bisa mendeteksi dan meledakkan semua jenis ranjau.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL