russia military movementSevastopol, LiputanIslam.com — Rusia mengkonfirmasi adanya pergerakan pasukannya di wilayah Krimea, Ukraina dan menyebutnya sebagai tindakan yang “sesuai dengan perjanjian Rusia-Ukraina”.

Dalam pernyataan yang dirilis hari Jumat (28/2) Rusia menyebutkan pergerakan pasukan tersebut ditujukan untuk melindungi Armada Laut Hitam yang berbasis di Semenanjung Krimea dan telah sesuai dengan dengan perjanjian antara antara Rusia dengan Ukraina.

Menurut pernyataan yang dirilis ke publik hari Jumat, Kemenlu Rusia menyebutkan bahwa pemerintah Ukraina telah diberi informasi tentang pergerakan pasukan itu.

Sebelumnya pada hari Kamis (27/2) pemerintah Ukraina telah memanggil pejabat perwakilan Rusia di Ukraina Andrey Vorobyev dan memberinya 2 surat, pertama berisi tentang perkembangan terakhir di Ukraina dan kedua adalah permintaan kepada Rusia untuk tidak menggerakkan pasukannya di luar pangkalan Armada Laut Hitam.

“Kemenlu Rusia telah memberikan balasan kepada pemerintah Ukraina yang menjelaskan pergerakan kendaraan-kendaraan lapis baja Armada Laut Hitam di Krimea yang disebabkan oleh keperluan untuk memberikan keamanan bagi area penempatan Armada Laut Hitam di wilayah Ukraina, yang terjadi berdasarkan perjanjian dasar antara Rusia-Ukraina tentang Armada Laut Hitam,” tulis pernyataan tersebut.

Sementara itu Presiden Ukraina Oleksander Turchynov pada hari Jumat, menyeruka Rusia untuk tidak melakukan tindakan “provokasi” di Semenanjung Krimea. Ia menuduh Rusia telah mengirimkan pasukan ke Abkhazia, wilayah di pantai timur Laut Hitam yang menjadi perselisihan antara Rusia dan Ukraina.

“Rusia telah mengirimkan pasukan ke Krimea. Mereka bekerja sesuai rencana yang sangat analog dengan masalah Abkhazia. Ketika terjadi konflik, mereka mulai melakukan aneksasi atas wilayah itu.”

“Saya secara pribadi meminta kepada President [Vladimir] Putin untuk menghentikan provokasi militer dengan menarik pasukannya dari Republik Otonomi Krimea. Ini merupakan agresi yang telanjang atas Ukraina,” tambahnya.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL