Damaskus, LiputanIslam.com–Rusia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan terbesar mereka ke pelabuhan Tartus, Suriah.

Bantuan seberat 10.000 ton itu sampai di pelabuhan pada Rabu (19/04/2017) dengan dua kapal yaitu Sparta-1 dan Sparta-2.

“Ini adalah suplai bantuan kemanusiaan terbesar yang dikirimkan ke Suriah lewat laut. Bantuan ini kebanyakan terdiri dari bahan makanan— tepung, gula, dan makanan kalengan. Makanan kalengan ini disesuaikan dengan tradisi [orang Suriah] yaitu daging sapi dan ikan,” kata komandan militer Rusia di pelabuhan Tartus.

Kepada para reporter, Mayor Tartus Haidar Murhej berterimakasih kepada Rusia atas upaya kemanusiaan mereka, dan bahwa bantuan tersebut akan didistribusikan dengan cepat ke warga Suriah yang membutuhkan.

“Pertama-tama, kami mengapresiasi Rusia atas bantuan mereka. Seperti yang Anda tahu, kami selalu menjaga hubungan dekat antar kedua negara sejak masa USSR [Union of Soviet Socialist Republics]. Bantuan yang kami terima akan dikirimkan ke daerah yang paling membutuhkan. Pertama-tama ke kamp pengungsi lalu ke kawasan yang baru-baru ini dibebaskan dari para teroris,” kata Murhej.

Sejak bulan Maret 2011, Suriah telah menjadi korban serangan kelompok militan yang disokong oleh Barat dan sekutu-sekutu mereka. Dengan bantuan Rusia, tentara Suriah berjuang melawan kelompok-kelompok ini.

Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, memperkirakan pada bulan Agustus lalu bahwa lebih dari 400.000 orang terbunuh di tengah krisis ini (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL