mh17Moskow, LiputanIslam.com — Rusia kembali menuduh Ukraina bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 tahun lalu.

Adalah perusahaan pembuat rudal Rusia, Almaz-Antey, yang menyatakan bahwa MH17 jatuh oleh rudal-rudal BUK M1 yang ditembakkan Ukraina dari wilayah Zaroshchenske, pada 17 Juli 2014 lalu.

Pernyataan ini sejalan dengan tuduhan pemerintah Rusia bahwa Ukraina-lah yang bertanggungjawab atas musibah tersebut, bukan pemberontak Ukraina timur.

Musibah yang menimpa pesawat penumpang jenis Boeing 777 itu menewaskan 298 penumpang dan awaknya. Ukraine dan negara-negara barat menuduh pemberontak dukungan Rusia sebagai penembak pesawat itu.

Sampai saat ini Rusia dan Ukraina masih berselisih tentang siapa yang menguasai wilayah Zaroshchenske, tempat rudal-rudal BUK tersebut ditembakkan. Rusia menuduh Ukraina-lah yang menguasai wilayah itu saat itu. Namun Ukraina membantahnya dan balik menuduh pemberontaklah yang menguasai wilayah itu.

Rusia dan pemberontak Ukraina timur juga mengklaim tidak ada sistem persenjataan udara milik pemberontak yang mampu menembak jatuh pesawat pada ketinggian 10.000 kaki seperti ketinggian jelajah MH17.

Almaz-Antey dalam pernyataannya sebagaimana dilansir Russia Today, kemarin (2/6), mengatakan telah melakukan analisis atas kerusakan pada badan MH17, dan menyimpulkan kerusakan itu ditimbulkan oleh rudal-rudal “9M38M1 Buk M1”.

CEO perusahaan itu, Yan Novikov, mengatakan bahwa pihaknya telah menghentikan produksi rudal tersebut pada tahun 1999 dan tidak pernah mengirimkannya kepada siapapun sejak tahun 2000.

Tahun lalu Rusia menuduh MH17 ditembak jatuh oleh pesawat serbu SU-25 milik Ukraina. Tuduhan ini sesuai dengan analisis penyidik independen. Kemudian, bulan lalu media Rusia Novaya Gazeta melaporkan bahwa rudal Buk-M1 yang ditembakkany dari wilayah Zaroshchenske, telah menjatuhkan MH17.

Novikov mengatakan pihaknya menginginkan dilakukannya simulasi dan penyelidikan menyeluruh atas insiden itu, yang dilakukan oleh tim independen yang beranggotakan ahli-ahli dan pengamat internasional.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL