konvoi rusiaLuhansk, LiputanIslam.com — Kelompok separatis Ukraina timur, Luhansk People’s Republic (LPR) mengatakan telah menerima pemberitahuan tentang kedatangan bantuan kemanusiaan Rusia pada hari Sabtu (13/9). Demikian laporan RIA Novosti, Jumat (12/9).

“Kami telah menerima pemberitahuan dari Rusia bahwa bantuan kemanusiaan kedua akan tiba di Luhansk, Sabtu,” kata jubir LPR kepada RIA Novosti.

Pemimpin eksekutif pemerintahan separatis Luhansk, Gennady Tsypkalov, juga membenarkan kabar tersebut.

“Besok kami akan menerima 280 kendaraan bermuatan bantuan kemanusiaan yang menyeberang dari Rusia,” kata Gennady sembari memuji bantuan Rusia kepada warganya yang kini berada dalam kondisi “kritis”.

Ini adalah bantuan kemanusiaan kedua dari Rusia, setelah sebelumnya pada akhir Agustus lalu, sebanyak 280 truk bantuan kemanusiaan Rusia telah memasuki wilayah Luhansk tanpa ijin otoritas Ukraina yang dituduh sengaja menghambat pengiriman bantuan tersebut.

Ukraina dan NATO mencurigai bantuan kemanusiaan itu mengandung misi tersembunyi untuk membantu kelompok separatis.

Selain ribuan warga yang tewas dan menjadi pengungsi ke luar wilayah konflik, masih terdapat ratusan ribu warga lainnya yang terperangkap dalam pertempuran, terutama di kota-kota seperti Donetsk dan Luhansk. Mereka berada dalam kondisi krisis kemanusiaan karena kehilangan akses terhadap sumber-sumber kehidupan, termasuk makanan dan minuman dan  penerangan serta pengobatan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL