Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump baru-baru ini mengeluarkan strategi keamanan nasional baru untuk negaranya, yang berisi janji untuk menjatuhkan Rusia, Cina, Iran dan Korea Utara.

Strategi ini diumumkan pada Senin (18/12/17), sebelum Trump memberikan pidato di Ronald Reagan Building, Washington, di mana ia menuturkan sebuah visi bernama “America First“.

Dalam pidato tersebut, Trump mengecam kekuatan negara-negara adidaya yang berbahaya bagi keamanan nasional AS.

“Cina dan Rusia menantang kekuatan, pengaruh, dan kepentingan Amerika, dan mencoba menghancurkan keamanan dan kejayaan Amerika,” sebutnya.

“Mereka bertekad membuat ekonomi menjadi tidak bebas dan adil, mengembangkan militer mereka, mengontrol informasi dan data untuk menekan rakyat mereka dan memperluas pengaruh mereka,” lanjutnya.

Ketika membicarakan Rusia, Trump mengecam negara pimpinan Vladimir Putin itu karena “menginterfensi hubungan politik dalam negeri di negara-negara seluruh dunia,”

Dia juga berkali-kali menuding Iran dan Korea Utara mencoba “menghancurkan kawasan, mengancam Amerika dan sekutu-sekutu kami, dan menganiaya rakyat mereka sendiri.”

Di depan 650 penonton, Trump menegaskan bahwa AS akan “membela negara kita sendiri lebih dari sebelumnya”. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*