putin modiNew Delhi, LiputanIslam.com — India dan Rusia berusaha meraih kesepakatan kerjasama di bidang energi dalam kunjungan Presiden Rusia Putin di India Rabu (10/12).

Sebelumnya, menjelang kunjungannya ke India, Putin mengatakan bahwa “Rusia ingin mengamankan peran sebabai pemasok energi yang terpercaya ke kawasan Asia”. Ia juga menyebut alasannya, yaitu pasar energi Eropa yang tidak lagi mengalami kenaikan signifikan.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa di antara kesepakatan kerjasama di bidang energi yang akan ditandatangani antara kedua negara adalah kerjasama “joint venture” proyek pembangkit listrik hydro-electric.

Situs resmi pemerintah Rusia memposting gambar kedatangan Putin di bandara India yang tidak disebutkan namanya.

Minggu lalu Rusia membatalkan proyek kerjasama pembangunan pipa gas ke negara-negara Uni Eropa.

Selain bertemu Perdana Menteri Narendra Modi, Putin juga akan bertemu dengan para pengusaha India dan menghadiri konperensi berlian di India. Putin dijadwalkan berada di India selama sehari.

Rusia dan India adalah sekutu lama era Perang Dingin, namun dalam beberapa tahun terakhir hubungan keduanya mendingin. India dikabarkan kecewa pada Rusia yang baru saja menjual helikopter serang ke Pakistan, pesaing utama India.

Di sisi lain Rusia juga kecewa dengan India yang memilih pesawat tempur buatan Perancis Rafale dan helikopter serang buatan AS Apache, daripada buatan Rusia.

Sementara Modi, dalam kicauannya di Twitter menyambut positif kedatangan Putin ke India.

“Waktu berlalu, namun hubungan kami tidak berubah. Kini kami ingin membawa hubungan kami ke tingkat lanjut dan kunjungan (Putin) ini adalah satu langkah menuju ke sana,” tulis Modi dalam akun Twitter resminya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL