Moskow, LiputanIslam.com– Wakil kehormatan Majelis Dagang dan Industri Rusia di Iran, Alexander Maksimov mengatakan bahwa perdagangan dengan Republik Islam Iran telah meningkat 70 persen setelah sanksi terhadap Iran dihapus awal tahun lalu. Demikian dilansir kantor berita Presstv pada Selasa (18/4).

Maksimov menambahkan, perdagangan antara Rusia-Iran telah mencapai $ 2,2 miliar. Sebagian besar ekspor Rusia ke Iran selama tahun 2016 lalu terdiri atas mesin, peralatan, transportasi, makanan, dan logam. Sedangkan ekspor makanan Iran ke Rusia hanya menghasilkan $ 0,3 miliar dari neraca perdagangan.

“Menurut kami, peningkatan perdagangan berkaitan dengan peningkatan hubungan bilateral dan minat dari para pengusaha Rusia dan Iran dalam kegiatan komersial bersama,” ucap Maksimov seperti dikutip oleh kantor berita Sputnik.

Pada bulan Januari, ekspor mesin Rusia ke Iran meningkat 7 persen dan ekspor alat-alat teknologi meningkat 3,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Majelis Dagang dan Industri Rusia tertarik untuk terus meningkatkan kerjasama dan ingin melihat Iran melakukan langkah-langkah yang memudahkan perdagangan bilateral.

“Pada 2017, telah terjadi peningkatan tajam dalam berbagai sektor, terutama setelah adanya penandatanganan kontrak baru di sektor transportasi (untuk pembangunan jalan dan jembatan), peralatan teknologi tinggi termasuk produksi minyak dan penyulingan, serta kontrak baru untuk perbaikan sistem penerbangan dan peralatan kereta api…” tambah Maksimov. (AL/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL