s 400Moskow, LiputanIslam.com — Rusia menggelar sistem pertahanan tercanggih di dunia, S-400 Triumf, di Distrik Militer Selatan di dekat kota Krasnodar. Demikian laporan RIA Novosti, Rabu (1/10).

“Sebuah resimen sistem rudal pertahanan udara dari Komando Pertahanan Udara ke-4 Distrik Militer Selatan, telah diaktifkan di wilayah Krasnodar. Resimen ini dilengkapi dengan sistem-sistem rudal canggih S-400 Triumf dan Pantsir-S,” demikian pernyataan Markas Momando Pertahanan Udare ke-4.

Pada awal September rudal-rudal S-400 telah tiba di lokasi pemasangan setelah menjalani ujicoba penembakan di wilayah Astrakhan. Fungsi utama satuan baru ini adalah untuk menjamin pertahanan udara di wilayah perbatasan selatan Rusia, terutama untuk melindungi fasilitas-fasilitas industri dan energi serta transportasi serta unit-unit militer di kawasan tersebut dari serangan udara musuh.

Rusia telah menempatkan 3 resimen pertahanan udara S-400 di sekitar Moskow, yaitu di kota Dmitrov, Zvenigorod dan Elektrostal. Resimen ke-4 tengah dalam proses pembentukan untuk melindungi kota Moskow.

Selain itu 3 resimen lainnya ditempatkan di kawasan Laut Baltik. Sementara itu satu resimen lainnya segera akan ditempatkan di Kola Peninsula.

Saat ini komando pertahanan udara Rusia menjaga wilayah udara 1.500 km perbatasan Rusia. Mereka melindungi 260 fasilitas militer yang mencakup 30% dari seluruh fasilitas militer Rusia.

Adapun sistem pertahanan udara S-400 dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan udara paling canggih di dunia. Selain sanggup menembak jatuh sejumlah besar sasaran sekaligus dari jarak ratusan kilometer, radar S-400 mampu mendeteksi pesawat-pesawat siluman yang tidak terdeteksi oleh sistem pertahanan udara lainnya.

Keunggulan lainnya adalah resistensinya terhadap perang elektronik.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL