Ситуация в Луганской областиMoskow, LiputanIslam.com — Rusia mendesak dilakukannya penyelidikan atas kejahatan kemanusiaan terhadap warga sipil di Ukraina timur.

Sebagaimana dilaporkan RIA Novosti baru-baru ini, delegasi Rusia di organisasi kerjasama keamanan Eropa (OSCE) telah mengajukan tuntutan bagi dilakukannya penyelidikan atas tindakan kejahatan kemanusiaan di Ukraina timur. Hal ini disampaikan Alexei Pushkov, pejabat senior parlemen Rusia, Senin (6/10).

“Tidak ada kejahatan seperti itu yang bisa dibiarkan. Dalam sebuah sesi OSCE di Genewa, kami telah menyerukan untuk dilakukannya investigasi atas kejahatan-kejahatan kemanusiaan di Ukraina,” tulis Pushkov di Twitter.

Sebelumnya, pada hari Jumat (3/10), Pushkov mengkritik kesimpulan yang dibuat oleh Sidang Umum antar-Parlemen OSCE tentang Ukraina yang menyebutkan bahwa “warga sipil Ukraina meninggal karena alasan yang tidak jelas”.

Pada tanggal 23 September beberapa kuburan massal ditemukan di desa Nyzhnia Krynka, 35 km timur-laut kota Donetsk. Diduga kuat kuburan itu berisi mayat-mayat pendukung kemerdekaan yang dibunuh oleh pasukan Ukraina yang telah berada di wilayah itu sejak bulan April.

Pemerintah Ukraina membantah tuduhan itu dengan alasan tidak ada anggota pasukannya yang berada di wilayah itu.

Warga Perancis, Inggris, Jerman Dukung Penyelidikan

Sementara itu RIA Novosti juga melaporkan, Selasa (7/10) bahwa mayoritas warga Perancis mendukung dilakukannya penyelidikan atas kejahatan kemanusiaan di Ukraina.

Berdasar hasil jajak pendapat yang digelar oleh ICM atas permintaan Rossiya Segodnya International Information Agency, sebanyak 68 persen warga Perancis menghendaki dilakukannya penyelidikan atas dugaan kejahatan kemanusiaan di Ukraina.

Jajak pendapat yang digelar ICM itu dilakukan melalui telepon terhadap 3.006 warga yang dipilih secara acak antara tanggal 17-28 September lalu. Mereka semua berasal dari negara-negara Perancis, Jerman dan Inggris.

ICM adalah lembaga survei anggota British Polling Council.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL