kapal rusiaMoskow, LiputanIslam.com — Rusia menggelar latihan perang besar-besaran di Laut Hitam bersamaan dengan latihan serupa yang digelar NATO.

Dimulai Jumat (4/7) latihan perang yang digelar Rusia ini melibatkan 20 kapal perang, 20 pesawat tempur, helikopter, marinir dan artileri pantai. Demikian pernyataan kementrian pertahanan Rusia, Jumat (4/7), sebagaimana dilaporkan Russia Today.

Menurut keterangan, latihan perang ini akan dilakukan di seluruh bagian Laut Hitam berdasarkan standar internasional.

“Latihan perang ini meliputi misi-misi latihan perang seperti menghancurkan kekuatan laut musuh dan mengorganisir pertahanan pantai dan laut,” demikian keterangan tersebut.

Di bawah komando Admiral Aleksandr Vitko, latihan juga melibatkan kegiatan pencarian, pendeteksian, dan penghancuran kapal-kapal selam musuh.

Secara umum, latihan tersebut mengkoordinasikan kekuatan laut, darat dan udara dalam operasi-operasi militer.

“Pasukan pantai dan marinir akan berlatih perang dengan pasukan penyerang taktis, sementara pesawat-pesawat tempur akan melakukan misi pencarian dan penghancuran kapal-kapal perang musuh,” tambah keterangan itu.

Latihan dirancang sangat mirip dengan kondisi perang sebenarnya, dimana para komandan yang terlibat diharuskan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Demikian keterangan pers kementrian pertahanan menambahkan.

Dalam latihan tersebut juga diluncurkan rudal-rudal jelajah Moskit dan Malakhit yang menghantam target-target yang telah ditentukan. Sementara pesawat-pesawat tempur SU-24 melakukan serangan terhadap target-target di atas laut.

Di sisi lain, Jumat kemarin (4/7) NATO menggelar latihan perang tahunan berkode “Sea Breeze” di Laut Hitam. Kapal-kapal perang dari beberapa negara termasuk Turki dan Amerika terlibat dalam latihan. Pengamat militer Rusia menyebut latihan NATO ini sebagai “ancaman langsung” bagi Rusia.

Latihan yang sebagian besar digelar di bagian barat Laut Hitam ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Juli.

Ini adalah kali kedua Rusia dan NATO menggelar latihan perang secara bersamaan di area yang sama. Bulan lalu di kawasan Laut Baltik, Rusia dan NATO juga menggelar latihan perang besar-besaran.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL