latihan perang laut tengahSevastopol, LiputanIslam.com — Rusia dan Cina memulai latihan perang bersama di Laut Tengah, Minggu (17/5). Latihan berkode “Sea Cooperation–2015” ini akan berlangsung hingga tanggal 21 Mei mendatang. Demikian pejabat Kementrian Pertahanan Rusia mengumumkan.

“Fase aktif dari latihan ini akan berlangsung di Laut Tengah (Mediterania) antara 17 dan 21 Mei. Sekitar 10 kapal perang dari AL Rusian dan AL Cina akan berpartisipasi,” kata Wakil Kastaf AL Rusia Vice Admiral Aleksandr Fedotenkov, Ahad (17/5) seperti dilansir Russia Today.

Latihan ini dikomandani oleh kapal perang Rusia yang berbasis di Krimea, ‘Moskva’, sebuah kapal penghancur berpeluru kendali. Adapun tujuan latihan ini adalah untuk ‘memperkuat saling pengertian antara kedua angkatan laut (Rusia dan Cina) demi untuk meningkatkan stabilitas, melawan tantangan-tantangan baru dan ancaman-ancaman di laut’, demikian kata Aleksandr Fedotenkov.

Sementara itu Wakil Menhan Rusia Anatoly Antonov mengatakan bahwa latihan ini tidak ditujukan kepada negara manapun, ataupun terkait dengan situasi politik regional.

Latihan ini digelar pada saat yang bersamaan dengan sejumlah latihan perang yang digelar NATO di Eropa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL