marshal_shaposhnikov_01Vladivostok, LiputanIslam.com — Armada Pasifik Rusia akan menggelar serangkaian latihan militer besar-besaran bersama beberapa negara, termasuk India, Cina dan negara-negara ASEAN. Demikian keterangan jubir Armada Pasifik Rusia di Vladivostok, hari Rabu (26/2).

Menurut sang jubir, Kapten Roman Martov, Rusia dan India telah mengadakan pembicaraan mengenai persiapan untuk latihan angkatan laut yang diberi kode “INDRA 2014” yang  direncanakan akan diadakan di Laut Jepang pertengahan tahun ini.

Martov mengatakan latihan akan dimulai dengan kunjungan sekelompok kapal perang India ke pelabuhan timur jauh yang menjadi pangkalan Armada Pasifik Rusia, Vladivostok,  di bulan Juli.

Sejak tahun 2003 India dan Rusia telah melakukan tujuh kali latihan perang besar di bawah kode INDRA. Latihan terakhir diadakan antara unit tentara Rusia dan India pada bulan Oktober di Mahajan, India.

Namun pada tahun 2011 Rusia membatalkan latihan angkatan laut bersama dengan India di Samudera Pasifik karena adanya bencana tsunami dan krisis nuklir yang mengikutinya di Jepang .

Demi meningkatkan hubungan militer dengan China, Rusia juga mengirimkan kapal perang dari Armada Pasifik untuk mengikuti latihan militer berkode “Maritime Cooperation 2014” dengan Angkatan Laut Cina, di bagian utara Laut Cina Timur pada bulan Mei hingga Juni, kata Martov.

Selain itu, sebuah gugus tugas Armada Pasifik yang dipimpin oleh kapal perusak kelas Udaloy, Marsekal Shaposhnikov, akan bergabung dengan latihan perang “KOMODO” di bulan Maret untuk meningkatkan kemampuan kerja sama angkatan laut dalam bantuan bencana.

Latihan ini akan diselenggarakan di lepas pantai Indonesia dan melibatkan semua 10 negara anggota ASEAN plus Australia, China,

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL