putin fernandezBuenos Aires, LiputanIslam.com — Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Argentina Fernandez menandatangani perjanjian kerjasama nuklir. Dengan kerjasama ini Rusia akan membantu pembangunan reaktor nuklir di Argentina.

Sebagaimana laporan BBC, Minggu (13/7), perjanjian itu ditandatangani dalam kunjungan Putin di Argentina, Sabtu (12/7), dalam misi Putin meningkatkan pengaruh Rusia di Amerika Latin.

Sebelumnya Putin telah mengunjungi Kuba dan Nikaragua, dan setelah Argentina Putin akan ke Brazil sekaligus menyaksikan final Piala Dunia yang digelar hari Minggu (13/7). Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia berikutnya.

Dengan perjanjian kerjasama nuklir dengan Argentina, perusahaan energi nuklir Rusia Rosatom akan dilibatkan dalam pembangunan reakor nuklir untuk pembangkit listrik.

Argentina yang tengah dilanda ketidakpercayaan internasional terkait dengan program restrukturisasi hutang luar negerinya, tentu saja menyambut gembira kerjasama yang ditawarkan Rusia.

Setelah menyaksikan pertandingan final Piala Dunia, Putin akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi BRICS (Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan), organisasi kerjasama alternatif pengimbang Uni Eropa dan Amerika yang akan digelar di kota Fortaleza, Brazil.

Rusia berusaha memperkuat hubungannya dengan negara-negara Amerika Latin, terutama untuk mengimbagi turunnya pengaruh Rusia di Ukraina. Di Kuba Putin bertemu Fidel Castro, dilanjutkan dengan pertemuan Putin dengan Presiden Nikaragua Daniel Ortega. Baik Castro maupun Ortega merupakan “sahabat-sahabat dekat” Rusia saat masih berbentuk Uni Sovyet.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL