gas rusiaKiev, LiputanIslam.com — Rusia mengancam akan menghentikan pasokan gas ke Ukraina jika negara itu tidak bisa membayarkan tagihan pembayaran senilai $1,95 miliar, di tengah kegagalan perundingan untuk mencapai kesepakatan antara Moskow dan Kiev dengan perantara Uni Eropa, Senin (16/6).

“Kami belum mencapai kesekapakan apa pun,  sedangkan peluang untuk bertemu dalam perundingan lagi semakin kecil. Kami sudah berada di dalam pesawat yang membawa kembali (ke Moskow),” kata jubir perusahaan gas Rusia (Gazprom), Sergei Kuprianov, kepada AFP.

“Bila kami tidak menerima pembayaran sampai dengan pukul 10.00 (13.00 WIB), maka kami tidak akan mengirim pasokan gas lagi.”

Lavrov Kecam Pengunjuk di Kiev

Sementara itu, Senin (16/3) Rusia mengumumkan bahwa sekelompok orang berupaya menyerang dan menduduki kompleks kedutaan Rusia di Kiev dan ingin melihat “darah tumpah” di sana.

“Diplomat kami merasa bahwa penyerang ingin merebut kedutaan secara fisik. Ada juga alasan untuk percaya bahwa mereka ingin melihat darah tumpah di sana,” kata Lavrov, di Moskow, Minggu (15/6).

Para pengunjuk rasa melempari kedutaan di Kiev dengan telur, pada hari Sabtu, dan merobek bendera Rusia sebagai protes atas apa yang mereka sebut dukungan Moskow terhadap pemberontak separatis di Ukraina timur, kata para saksi mata.

Kerumunan lebih dari 100 orang sebagian besar pemuda, banyak dari mereka dengan wajah ditutupi, mengangkat spanduk dengan slogan-slogan seperti “Pulang Rusia”.

Para demonstran kemudian menjungkir-balikkan beberapa mobil, termasuk beberapa yang tampaknya milik kedutaan, dan merusak gerbang logam tetapi polisi tidak melakukan intervensi. Demikian dilaporkan AFP.

Ukraina menuduh Rusia, yang menganeksasi wilayah Krimea dari Ukraina pada Maret, mendukung pemberontakan di daerah timur yang penduduknya berbahasa Rusia dan Amerika Serikat telah menuduh Moskow menyediakan para pemberontak dengan tank-tank.

Sementara pihak Rusia membantah tuduhan itu.(ca/ant/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL