s 500Moskow, LiputanIslam.com — Rusia akan segera memproduksi sistem rudal pertahanan udara tercanggih S-500 sebagai bagian dari program modernisasi sistem persenjataan negara itu.

Seperti dilansir Russia Today, Senin (26/1), Deputi Menhan Rusia Yury Borisov mengatakan bahwa Rusia telah membangun sejumlah besar pesawat-pesawat tanpa awak (UAV) dan rudal S-500 direncanakan akan diproduksi pada tahun 2017 mendatang.

Sistem rudal pertahanan udara S-500 saat ini masih dalam tahap riset dan pengembangan. Demikian kata Borisov kepada Radio RSN. Ini merupakan pengembangan dari sistem persenjataan sebelumnya S-400, yang dirancang untuk menembak jatuh beberapa rudal balistik lawan sekaligus.

Rudal ini juga dirancang untuk bisa menyergap rudal-rudal lawan pada ketinggian hingga 210 km. Sistem radar pada persenjataan ini dirancang untuk bisa mendeteksi rudal-rudal lawan yang terbang dengan kecepatan hingga 4,3 mil per-detik atau sekitar 25.000 km per-jam.

Selain itu Rusia juga akan melakukan ujicoba terhadap rudal balistik ‘Sarmat’ dan diharapkan akan siap untuk dioperasikan pada tahun 2020. Rudal ini mampu membawa 10 ton hululedak nuklir dan terbang melintasi kutub utara maupun kutub selatan.

Lebih Borisov mengungkapkan bahwa saat ini terdapat setidaknya 4 sistem persenjataan terbaru yang tengah dalam ujicoba tahap akhir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*