Buk anti-air missile system, rudal yang menjatuhkan pesawat MH17

Buk anti-air missile system, rudal yang menjatuhkan pesawat MH17

Moskow, LiputanIslam.com — Rusia secara bertahap akan meningkatkan anggaran pertahanannya hingga mencapai 21% dari total anggaran pada tahun 2017 mendatang. Selain itu juga terjadi perubahan orientasi persenjataan dengan lebih mengandalkan produksi domestik daripada impor.

Sebagaimana dilaporkan Russia Today dengan mengutip Izvestia yang mendapat keterangan sumber terpercaya pemerintah Rusia, Jumat (18/7), pemerintah Rusia telah menyetujui rencana anggaran pertahanan 3 tahun ke depan. Jika rencana ini disetujui, pada tahun 2017 mendatang anggaran pertahanan Rusia akan mencapai 21% dari total anggaran belanja Rusia.

Karena tidak ada penambahan pendapatan negara, maka kemungkinan anggaran tersebut bisa dilakukan dengan mengalokasikannya dari pos-pos anggaran lainnya. Demikian sumber tersebut menyebutkan.

Selain itu industri pertahanan Rusia juga diharuskan melakukan reformasi untuk melepaskan diri dari ketergantungan asing sehingga Rusia terbebas dari sanksi-sanksi internasional.

Saat ini belanja pertahanan Rusia mencapai 17,5% dari total anggaran.

Sumber tersebut membantah perubahan tersebut didorong konflik Ukraina dan ketegangan Rusia dengan barat.

“Rencana ini telah dibuat beberapa tahun yang lalu. Ini adalah masalah strategis. Negara harus memikirkan keamanan warganya,” katanya.

Kebijaksanaan ini mendapat dukungan politisi nasionalis dari partai Rodin (Tanah Air), Sergey Zhuravlev. Meski cenderung menyukai anggaran yang berorientasi kesejahteraan rakyat, perubahan anggaran pertahanan bisa diterima.

Perdana Menteri Dmitry Medvedev juga telah menyinggung soal anggaran pertahanan itu dalam sidang kabinetnya, Kamis (17/7). Menurut Medvedev ketegangan Rusia dengan barat dapat menghantarkan hubungan kedua pijak seperti era tahun 1980-an yang memaksa pemerintah menghabiskan lebih banyak anggaran pertahanan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL