putin baruMoskow, LiputanIslam.com — Rusia mengesahkan undang-undang yang memberikan kewenangan pemerintah untuk membubarkan LSM-LSM, termasuk LSM asing, yang dianggap mengancam kepentingan nasional.

Kantor berita Press TV melaporkan, Minggu (24/5), Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani undang-undang tersebut hari Sabtu (235).

Kantor kepresidenan Rusia mengatakan dalam pernyataannya terkait dengan hal itu bahwa berdasarkan undang-undang tersebut, otoritas Rusia berhak untuk membubarkan LSM-LSM asing yang dianggap mengancam ‘kemampuan pertahanan Rusia’ atau undang-undang dasar Rusia.

UU yang sebelumnya telah disetujui parlemen bulan ini, juga mengijinkan otoritas untuk memblolir rekening LSM-LSM tersebut.

Sejumlah anggota parlemen Rusia menyebutkan bahwa undang-undang tersebut diperlukan untuk menghentikan ‘organisasi-organisasi perusak yang beroperasi di Rusia yang mengancam kepentingan Rusia’.

Sebelumnya pada tahun 2012 Rusia juga telah mengesahkan undang-undang yang menetapkan LSM penerima dana asing sebagai ‘agen asing’.

Namun tentu saja undang-undang semacam ini mendapatkan respon negatif dari AS dan negara-negara barat lain, sebagaimana LSM-LSM internasional seperti Human Rights Watch dan Amnesty International yang menganggap undang-undang itu menghalangi aktifitasnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL