dnaMoskow, LiputanIslam.com — Rusia akan membangun bank data DNA pertama di dunia yang akan mencakup semua benda hidup yang pernah ada di dunia. Proyek ambisius ini diberi nama “Perahu Nabi Nuh” (Noah’s Ark).

“Saya sebut proyek itu dengan ‘Perahu Nabi Nuh’. Ini akan mencakup pembuatan sebuah simpanan data, databank untuk semua benda hidup yang pernah ada di muka bumi, termasuk organisme-organisme yang telah hilang atau punah. Ini adalah tantangan yang telah kami tetapkan sendiri,” kata Rektor Moskow State University (MSU) Viktor Sadivnichy kepada wartawan, sebagaimana dilansir Russia Today, Jumat (26/12).

‘Perahu’ raksasa itu diharapkan selesai tahun 2018, berukuran sekitar 43 km persegi dan dibangun di salah satu kampus universitas.

Sebagaimana dilansir Russia Today, proyek ambisius ini akan menelan dana 1 miliar ruble (Rp 2 triliun lebih), melibatkan semua ilmuah MSU sekaligus mempromosikan ilmuwan-ilmuwan muda MSU.

“Jika terwujud, ini akan mendorong Rusia menjadi negara pertama yang menciptakan ‘perahu Nabi Nuh’ yang nyata,” tambah Rektor MSU.

Rusia sebenarnya bukan yang pertama berambisi menciptakan bank data semacam ‘perahu Nabi Nuh’, Inggris juga sudah memulainya dengan nama proyek “Perahu Beku” (Frozen Ark Project) yang disebut juga dengan “bank benih millenium” yang mencakup seluruh benih yang ada di dunia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL