abm-killer-missile-russia.siMoskow, LiputanIslam.com — Sebuah rudal ballistik yang dirancang untuk menembus segala sistem pertahanan udara lawan akan segera dioperasikan setelah sukses menjalani ujicoba.

“Kami terus melakukan program pengujian atas rudal RS-26 dan merencanakannya selesai pada tahun depan sehingga rudal ini bisa mulai dioperasikan pada tahun 2016 mendatang,” kata Letjend Sergey Karakayev, Panglima Strategic Missile Force kepada RIA Novosti dan dikutip oleh Russia Today, Kamis (25/12).

Sampai saat ini para pengamat militer hanya bisa mendapatkan informasi yang terbatas tentang senjata ini karena pengembangannya dilakukan secara sangat rahasia.

Beberapa informasi yang beredar menyebutkan bahwa rudal ini berbahan bakar padat dengan pemecah hulu ledak modern dan diluncurkan secara mobile. Rudal ini dikembangkan di Moscow Institute of Thermal Technology, di bawah kode Rubezh (Frontier), atau Avangard (Vanguard).

Beberapa waktu lalu Deputi Perdana Menteri Dmitry Rogozin, menyebut rudal ini sebagai “pembunuh rudal anti-rudal balistik”.

“Tidak ada sistem pertahanan AS, sekarang ataupun yang tengah dikembangkannya, yang dapat mencegah rudal ini menghantam sasarannya,” kata Rogozin kala itu.

Menurut laporan RIA Novosti, rudal ini telah menjalani setidaknya 4 ujicoba, 3 di antaranya berjalan sukses.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL